Tips Merawat Furnitur Kayu Solid

Furniture dengan bahan kayu solid memang mempunyai daya tarik yang berbeda dari furniture kayu berbahan lain. Selain kualitasnya yang mampu tahan lebih lama, kemewahan dari furniture berbahan kayu solid menjadi daya tarik tersendiri. Hanya saja, dengan harganya yang relatif lebih mahal, kita perlu juga memberikan perawatan yang benar untuk mempertahankan kualitasnya. Berikut ini adalah beberapa tips dari kami.

1. Hindari dari air dan benda tajam

Terkadang ketika menggunakan meja dari kayu solid, kita menaruh gelas dengan air dingin yang berembun, sehingga meninggalkan lingkaran air di meja. Untuk menghindari ini, gunakan alas gelas (coaster). Noda lainnya pun sebaiknya segera dibersihkan apabila mengenai furnitur. Apabila menggunakan benda tajam seperti pisau, gunakan dan letakan dengan hati-hati agak tidak membaret kayu. Kamu bisa juga menggunakan taplak meja atau lapisan kaca untuk menghindari air atau goresan.

2. Meletakannya di ruangan yang bersuhu normal

Furnitur dari kayu solid ada baiknya diletakkan di ruangan yang bersuhu normal. Suhu yang terlalu lembab akan menyebabkan jamur dan merusak kayu. Furnitur juga sebaiknya dijauhkan dari paparan sinar matahari yang langsung secara terus menerus.

3. Membersihkan furnitur dan ukirannya

Produk furnitur kayu dapat dibersihkan dengan lap halus, kemocing, atau vacuum cleaner. Untuk produk furnitur dengan ukiran yang cukup rumit, furnitur dapat dibersihkan dengan menggunakan kuas kecil dan halus.

4. Menggunakan polish furnitur

Supaya lapisan furnitur tetap awet, gunakan polish furnitur secara rutin. Polish furnitur juga dapat digunakan untuk menghindari benturan atau gesekan kecil. Salah satu merek yang banyak tersedia di pasaran adalah Pledge.

5. Hindari furnitur menempel dengan tembok

Furnitur yang diletakkan menempel dengan tembok, akan sering bergesekan meskipun tidak disengaja. Posisi ini juga membuat furnitur jadi lembab dan berjamur. Berikanlah jarak antara tembok dan furnitur dan berhati-hatilah saat memindahkan furnitur untuk menghindari benturan.

6. Hindari menyimpan kardus

Kardus yang disimpan lama di dalam lemari dapat menjadi daya tarik untuk rayap. Apabila kamu masih membutuhkan kardus tersebut, kamu bisa melipat dan menyimpannya di dalam kotak berbahan plastik sebelum memasukannya di dalam furnitur kayu.

Dengan mengikuti tips di atas, furnitur kayu solid milik kamu akan lebih terawat dan awet.

Fara Cipta Kreasi Internasional bisa menyediakan produk furnitur kayu solid yang terjamin kualitasnya. Menggunakan quality control yang detil, Fara hanya memakai jenis kayu solid yang sudah tersertifikasi. Fara juga bisa membuat furnitur sesuai dengan desain impian kamu.