Padu Padankan Ukiran Kayu Indonesia ke dalam Interior Rumah Anda

Apakah Anda pernah terpikir untuk mengombinasikan karya seni Indonesia ke interior rumah Anda? Meskipun Anda senang dengan design minimalis atau klasik dari negara Barat, sentuhan ukiran tradisional Indonesia dapat membuat ruangan Anda lebih mewah dan unik. Di Indonesia, banyak sekali jenis ukiran kayu di Indonesia yang terkenal sampai ke dunia Internasional.

Dikenal sebagai negara kepulauan yang membentang dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki nilai budaya yang sangat kaya dan beragam. Karya seni ukir di Indonesia dipengaruhi dari sejarah agama Hindu, Budha, dan Islam. Setiap daerah pun memiliki karakter yang berbeda dari daerah lainnya. Beberapa seni ukir Indonesia yang bisa Anda kombinasikan di rumah Anda adalah:

1. Seni Ukir Jepara

Jepara merupakan kota yang sangat terkenal ukiran kayunya sehingga disebut The World Carving Center. Motif yang paling khas dari ukiran Jepara adalah bentuk tumbuhan menjalar dengan tangkai kecil memanjang, daunnya lebar dan ujung daun yang runcing. Seni ukir Jepara merupakan salah satu bentuk ukiran Jawa yang menggunakan elemen alam berupa tumbuhan. Motif ukiran Jawa serupa dengan motif yang bisa ditemukan pada batik khas Jawa.

2. Seni Ukir Bali

Ciri khas dari ukiran Bali adalah motif yang simetris dan adanya unsur yang terpengaruh dari ajaran Hindu-Bali. Ukirannya memiliki daun, bunga, dan buah yang berbentuk cembung dan cekung.

3. Seni Ukir Dayak

Ciri khas dari ukiran Dayak adalah penggunaan warna terang yang sangat mencolok. Ukiran tradisional khas Dayak tersebar di Pulau Kalimantan dan sekitarnya di mana motif khasnya adalah bentuk sulur melengkung dengan ujung yang meruncing.

4. Seni Ukir Melayu

Seni ukir Melayu biasanya ditampilkan dalam bentuk garis lengkung, atau lingkaran elastis, tidak terputus, yang diukir secara dinamis. Ukiran Melayu memiliki motif yang simetrik dengan bentuk sulur atau rangkaian garis abstrak. Ukiran Melayu biasa ditemukan di daerah Pulau Sumatera dan sekitarnya.

Apakah Anda sudah bisa membayangkan motif ukiran apa yang cocok dengan desain impian rumah Anda? Anda bisa menggabungkan ukiran kayu ini di pintu, lemari, meja, maupun jendela rumah. Sebagai pintu masuk utama, bayangkanlah sebuah ukiran kayu mewah yang menyambut setiap kali Anda pulang ke rumah.

Berbagai seni ukir dari segala daerah di Indonesia seperti Jepara maupun Bali, bisa diadaptasikan oleh PT Fara Cipta Kreasi Indonesia. Dengan visi membawa karya ukir anak bangsa Indonesia ke kancah Internasional, PT Fara Cipta Kreasi Internasional mengadaptasikan seni ukir ke produk furnitur kayu menggunakan kayu solid dengan kualitas ekspor dan memadukan kualitas tersebut dengan karya ukir lokal. Bagaimanapun ukiran impian Anda, Fara bisa menjadikannya nyata.